Reguler/Formal

Kegiatan belajar mengajar pendidikan formal di Pondok Pesantren Nurul Huda Dilaksanakan pada pagi hari. Kurikulum pendidikan yang diikuti KTSP dan Kurtilas. Terdapat beberapa Unit/Lembaga pendidikan formal di Pondok Pesantren Nurul Huda, antara lain:

–  Raudathul Athfal (RA) Bunga Bangsa,

ra-1

Lembaga pendidikan ini merupakan tempat diselenggarakannya pendidikan anak usia dini (PAUD). Kegiatan pendidkan di lembaga ini telah dimulai sejak tahun pelajaran 2005.

Yayasan Nurul Huda Setu dharapkan mampu mengangkat animo masyarakat sekitar untuk lebih memperhatikan PAUD, serta mampu meningkatkan angka partisipasi anak-anak dalam kegiatan pendidikan melalui lembaga PAUD ini

– Madrasah Ibtida’iyah (MI) Nurul Huda

MIMadrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Huda merupakan lembaga formal tingkat dasar. Lembaga ini mulai berjalan resmi sejak tahun pelajaran 2004/2005. Jumlah siswa tiap tahunnya semakin meningkat, ini tidak luput dari partisipasi masyarakat dalam rangka pengembangan dunia pendidikan.

 

– Sekolah Dasar Islam (SDI) Nurul Huda

Berdirinya SD Islam Nurul Nuda pada tahun 2013 ini adalah tuntutan masyarakat sekitar yang menginginkan adanya lembaga pendidikan dasar berorientasi kepada penguatan agama dan karakter. Program yang dijalankan SDI Nurul Huda adalah program Full Day School. Mengintegrasikan Kurikulum Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam, pengayaan materi Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an dan penanaman budi pekerti melalui pembiasaan (Habit Forming), seperti sholat Dhuha, Sholat Berjama’ah, Do’a sehari-hari dan lain-lain.

EKSTRAKULIKULER : Pramuka, Tahsin, Tahfidz, Art & Music, English for Fun, dan Arabic
FASILITAS : Gedung Baru, 1 Kelas 25 Siswa dan 2 Orang Guru, Full Day (07.00 s/d 15.30, sejak kelas 1), Antar Jemput Sekolah, Makan & Snack Sehat, Eduvisit, dan Dental Care. Disiapkan program pesantren anak bagi yang berminat,

– Madrasah Tsanawiyyah (MTs) Nurul Huda, AKREDITASI “A”

Madrasah Tsanawiyyah “Nurul Huda” resmi dibuka mulai tahun ajaran 2007/2008, madrasah ini dibangun atas bantuan dana Hibah dari pemerintah Australia melalui program AIP-BEP (Australia Indonesia Partnership – Basic Education Program) yang mulai dibangun pada Januari 2007 dan mulai beroperasi tepatnya tanggal 1 Juni 2007. MTs “Nurul Huda” dengan sistem pendidikan yang disiplin tinggi dan fullday school system menjadi pilihan masyarakat, sampai saat ini MTs Nurul Huda mempunyai peserta didik sebnyak 225 anak yang sebagian besar atau sekitar 70 % tinggal di pesantren, beberapa yang tinggal di pesantren berasal diluar daerah bekasi, adapun sisanya merupakan anak-anak masyarakat sekitar.

MTs Nurul Huda pada pendiriannya di design berasrama atau dengan nama program pada saat itu MTs-PB ( Madrasah Tsanawiyah — Pesantren Baru)

– Madrasa Aliyah (MA) Nurul Huda

Sebagaiman halnya Madrasah Tsanawiyyah, Madrasah Aliyah “Nurul Huda” mulai beroperasi secara resmi pada tahun ajaran 2007/2008. Kehadiran MA ini pun tidak lepas dari sebuah tuntutan masyarakat akan tersedianya akses pendidikan tingkat menengah atas yang terjangkau, baik secara ekonomi maupun geografis. Dan pada tahun pertama, MA Nurul Huda berhasil mencapai tingkat kelulusan yang 100%, beberapa siswanya mendapat beasiswa di UPI Bandung, Universitas Negeri Jember, UGM, UN Jakarta, UNAIR dan lain sebagainya.

– SMK Insan Nasional

Pada tahun ajaran 2012/2013 Yayasan “Nurul Huda” Setu mengembangkan pendidikan Formal berbasis skill melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Insan Nasional, hal ini didorong oleh tutuntan masyarakat akan tersedianya sekolah ketrampilan yang berbasis pesantren, saat ini SMK Insan Nasional membuka dua jurusan yaitu TKJ (Teknologi Komputer dan Jaringan dan TSM (Teknik Sepeda Motor) .Mengingat jumlah alumni MTs Nurul Huda yang setiap tahun terus bertambah dan alumni beberapa sekolah (SMP) sekitar yang sangat banyak, kiranya ikhtiar mendirikan SMK ini patut di dukung oleh semua pihak. Selain itu lahan wakaf yang tersisa lebih dan 10.000 m2 merupakan modal yang cukup untuk membangun SMK ini.