Peringatan Hari Guru Nasional 2018 Yayasan Nurul Huda Setu

Peringatan Hari Guru Nasional 2018 Yayasan Nurul Huda Setu

 

Peringatan Hari Guru Nasional 2018 Yayasan Nurul Huda Setu

Tanggal 25 November 2018 adalah hari besar dan terbilang istimewa di seluruh Indonesia sebab di hari tersebut diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Kenapa tanpa tanda jasa? karena di pundaknya atau bajunya tak satupun atribut atau lencana ataupun pangkat kehormatan yang melekat pada dirinya. Sangat berbeda dengan pangkat/tingkat jabatan yang bisa kita temui dan terlihat pada baju yang dikenakan orang yang berdinas kemiliteran atau kepolisian, dimana kita bisa menjumpai tanda pangkat jabatan di pundak mereka. Tanda pangkat jabatan di dalam kemiliteran dan kepolisian menunjukkan pangkat atau jenjang karier mereka selama mengabdi dan tanda jasanya kepada negara. Lantas bagaimana dengan istilah pahlawan? berbeda dengan pahlawan lainnya yang ketika berperang di medan perang identik dengan membawa senjata, guru tidak membawa “senjata” ketika dia “berperang” memberantas ketidaktahuan/kebodohan, yang dia bawa adalah bekal ilmu pengetahuan yang berguna untuk diajarkan kepada murid-muridnya dan kelak nanti diamalkan dalam kehidupan sehari-hari juga dalam meraih “cahaya” masa depan murid-muridnya, tanpa mengenal pamrih dan tanpa meminta balas jasa. Tentu sudah semestinya Nurul Huda Setu sebagai salah satu lembaga pendidikan dan pondok pesantren di kecamatan Setu kabupaten Bekasi mengadakan upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2018 Yayasan Nurul Huda Setu, sebagai bentuk partisipasi dan apresiasi Hari Guru Nasional.

 

 

 

 

      Peringatan Hari Guru Nasional 2018 Yayasan Nurul Huda Setu c

 

 

 

      Peringatan Hari Guru Nasional 2018 Yayasan Nurul Huda Setu d

 

 

 

      Peringatan Hari Guru Nasional 2018 Yayasan Nurul Huda Setu e

Peringatan Hari Guru Nasional 2018 Yayasan Nurul Huda Setu/jpg.e

Pada upacara peringatan hari guru nasional tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu. Jika tahun lalu yang menjadi petugaas upacara adalah siswa-siswi, maka untuk upacara tahun ini yang menjadi petugas adalah bapak-ibu guru Yayasan Nurul Huda Setu dari jenjang MTS-MA dan SMK. Untuk pembina upacara yang bertugas adalah dari Ketua Osis terpilih periode 2108-2019 dari MA Nurul Huda Setu, ananda Mirna Herlina Kelas XI MA.

      Peringatan Hari Guru Nasional 2018 Yayasan Nurul Huda Setu f

Peringatan Hari Guru Nasional 2018 Yayasan Nurul Huda Setu/jpg.f

Pada pidatonya, Mirna mengungkapkan bahwa guru adalah pahlawan yang telah banyak berkorban bagi kemajuan anak didiknya. Mereka adalah pahlawan yang sesungguhnya dalam dunia nyata. Bagi suatu bangsa guru merupakan bagian yang amat penting dalam keberlangsungan masa depan bangsa. Mengutip sejarah negara Jepang pada perang dunia ke II, di Hirosima dan Nagasaki yang luluh lantak di bom atom pada saat itu, kaisar Jepang tidak menghitung kekayaan harta negara yang tersisa, tapi yang dia pertanyakan adalah berapa jumlah guru yang tersisa pasca pengeboman itu, karena kaisar Jepang sangat memahami bahwa peran guru-guru di Jepang nantinya akan membawa perubahan yang sangat vital bagi kemajuan bangsa di masa depan terbukti saat ini Jepang adalah salah satu negara maju di Asia bahkan dunia.

Peran guru sangat menentukan masa depan generasi muda penerus cita-cita bangsa dan negara. Tak akan ada profesi-profesi seperti Dokter, Ilmuwan, Pengusaha, Ahli Tata Negara, Ulama, Motivator, Ahli Ekonomi, Politisi dan profesi lainnya tanpa adanya peran dan dedikasi guru di dunia pendidikan. Pengorbanan, kerja keras, dedikasi guru inilah yang melahirkan orang-orang hebat yang sukses di berbagai disiplin ilmu pengetahuan.

      Peringatan Hari Guru Nasional 2018 Yayasan Nurul Huda Setu b

Selamat hari Guru Nasional bagi seluruh guru, pendidik dan pengajar di Indonesia khususnya guru-guru di yayasan Nurul Huda Setu. Jasa dan pengabdianmu akan selalu dikenang oleh murid-muridmu.Insya Allah.  Semoga ilmu yang diajarkan adalah bagian dari ikhtiar/usaha mencerdaskan anak bangsa dan menjadi bekal ilmu murid- murid di masa yang akan datang sehingga mereka dapat mencapai cita-cita dan prestasi yang gemilang di masa kini dan masa yang akan datang. Menjadi penerus bangsa yang tangguh dengan perubahan zaman,berakhlak mulia dan juga ikut berkontribusi membangun negeri untuk kemajuan bangsa dan negara tercinta Indonesia.

 

Add Comment